Senin, 22 Juni 2015

Berbuka dan Terapi Makan




Ya ampun, terapi? ahaha kedengarannya kayak gimana gitu ya?
Tapi, ini serius. Berbuka itu kan sesuatu yang megah bagi orang yang sedang berpuasa. Sementara lapar adalah lauk yang paling sedap untuk menu makan.
Jadi, menurut saya, berbuka memang saat yang tepat untuk terapi makanan.

Bagi yang tidak suka sayur, misalnya. Berbuka adalah saat yang tepat untuk berlatih mengunyah sayur. 

Berikut menu-menu sederhana tapi nikmat:

1.Sayur bayam jagung dengan lauk tahu dan tempe plus sambal.

2.Sayur asem dan pepes tahu, atau bothok tempe.

3.Sup sayuran dengan lauk dadar jagung manis.

4.Aneka tumis. Bisa tumis kacang, buncis, kangkung, wortel dan sawi putih. Tumis ini selain masaknya cepat juga bikinnya gampang. Tumis dengan bumbus satu bawang bombai, merica dan garam serta kecap rasanya enak banget. Bisa dipadu dengan telur dadar atau telur rebus.

5.Coba masukkan sayuran (seperti wortel, buncis, kol, kacang) dalam masakan opor dan kare menjelang diangkat.

6.Pecel. Tinggal rebus sayuran dan kalau nggak mau ribet bisa beli sambal jadi.

7.Urap atau terancam. Memang agak ribet kalau bikin sendiri. Tapi kalau mau beli bisa menjadi menu pilihan yang banyak sayur.

Menu-menu di atas, juga bisa diterapkan untuk anak-anak. :)

6 komentar:

  1. Iya yaa mbak. Kan kalo dalam kondisi lapar, semua dilahap :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya banget Intan, makasi dah mampir :)

      Hapus
  2. pecel, menu favoritkuuuh....:) daripada beli lauk di luar, mending makan telor sama pecel ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. samaaa...favorit banget ama pecel :D
      makasih Mbak Sulis sudah mampir :)

      Hapus
  3. Bener banget, Mbak. Saya benci daun pepaya--mau diolah kayak gimana pun, karena tetep aja pahit. Entah apa pasal, beberapa hari ini saya sakit gatal-gatal yang diduga karena darah kotor. Ibu bilang, sayuran pahit adalah obat mujarab--termasuk daun pepaya. Haha. Mau nggak mau, daun pepaya rebus kemudian menjadi menu berbuka yg dihidangkan ibu buat saya. Dan saya juga mau nggak mau, harus menyantapnya dengan ikhlas. Tapi karena lapar, sayuran yang pahit luar biasa itu sudah tidak saya pedulikan lagi. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh daun pepaya bisa ngobatin gatal-gatal ya? wuih boleh dicoba nih kalau pas alergi kumat.
      emang lapar itu lauk makan yg gak bisa dibeli ya Lia :D
      Btww, thanks sudah mampir :)

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...