Minggu, 06 Mei 2012

Jungkir Balik Dunia Mel


Kadang buku bisa membawamu kemana aja. bahkan ke tempat-tempat tak terduga. Yang paling ajaib buku bisa membawamu ke masalalu, masa yang mungkin puluhan tahun telah kau tinggalkan, atau…bahkan kau lupakan. Eh tapi itu menurutku sih.

Menyelesaikan sebuah novel asyik, Jungkir Balik Dunia Mel, seperti kembali dari lorong waktu. Masa itu sudah tertinggal di belakang sana. 15 tahun yang lalu. “OMG!” (ngutip kalimat Fika—sahabat Mel) tapi entah kenapa seperti baru aja terjadi seminggu yang lalu (mulai ngaco deh) :D
Karya apik Mbak Indah Hanaco ini remaja banget, renyah, kriuk-kriuk, seakan semua warna dan rasa ada di buku ini.  Tentang seorang Mel yang menjalani masa remajanya bersama Fika, Yuri dan Nef, tiga besties dari SMP-SMA.

Gampangnya hidup Mel hampir sempurna. Tapi tentu saja semua tak semulus itu. Jatuh cinta, menjalani masa remaja yang mengagetkan, pengen tampil sempurna, mama yang tiba-tiba jadi banyak aturan, sodara yang nyebelin, dan persahabatan yang enggak akur membuat dunianya seperti jungkir balik.

Saya bisa tertawa dengan tingkah mereka, kagum dengan pengetahuan Fika, gemes juga dengan Mel yang nggak pe-de hingga melakukan hal yang konyol dengan gulungan tisu, tapi juga meneteskan air mata haru membaca indahnya hubungan persaudaraan antara Yuri dan Liv. Dan tiba-tiba seperti melihat sosok ibu saya pada Mama Mel, lalu berpikir, oh, aku punya anak perempuan juga, tentu saja sikap mama  Mel itu sangat wajar.

Di sampulnya tertulis CLBK alias cinta lama belum kelar. Seperti judulnya, isinya memang kisah cinta Mel dengan ending yang mungkin bisa ditebak. Tapi bagi saya sebuah cerita bukan hanya melulu tentang ending yang begini dan begitu tapi proses menuju ending itu. Ya, kisah-kisah di dalamnya benar-benar dunia remaja dengan segala warnanya, mmm…seru dan tak terduga. Saya sebagai seorang ibu belajar banyak hal dari sini.

Selain itu ada footnote tentang beberapa fakta sains yang bisa nambah pengetahuan. Juga quote dari tokoh-tokohnya. Nah salah satu quatenya adalah “Mencintai bukan hanya tentang keinginan untuk memiliki. Mencintai juga tentang melepaskan dan membebaskan (Yuri).”

Ohya, karena cara membaca novel ini yang tak biasa, saya sarankan baca dulu ucapan terima kasihnya ya, agar enggak bingung :)

Judul: Jungkir Balik Dunia Mel
Penulis: Indah Hanaco
Penerbit: Bentang Belia januari 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...