Sabtu, 11 Mei 2013

Andai Mereka Bisa Bicara

If Only They could Talk


Nyesel deh dengan buku ini. Nyeselnya kenapa baru baca kemarin, padahal dan lama di rak buku.
Ini novel yang diangkat dari kisah nyata. Pengalaman dokter hewan James Herriot di tahun pertama prakteknya di desa Darrowby. Yang harus selalu siap sedia selama 24 jam dalam sehari, 7 hari dalam seminggu dan nggak ada libur. Bahkan kadang baru memejamkan tengah malam dingin, gelap dia harus berangkat untuk menangani babi yang melahirkan.

Baru baca bab satu saja sudah terseret pada kisah yang menegangkan. Bagaimana menolong kelahiran anak sapi yang sungsang dan pinggul sempit. Dan akhirnya nggak bisa melepaskan buku ini, meskipun disambi-sambil.
Bab-bab berikutnya selalu ada kejutan-kejutan yang baru.

Suka banget dengan gaya penceritaannya mengalir lancar, nggak membosankan.

Suka banget dengan penokohannya yang terasa nyata. Dokter hewan Siegfried Farnon sang atasan yang cerdas tapi pelupa, Tristan Farnon, adik Siegfried yang juga kuliah di kedokteran hewan yang sifatnya bertolak belakang sama kakaknya, ceroboh, "tabah" lucu. Tiga cowok dalam satu rumah yang kisah-kisah hariannya selalu bikin deg-degan. Skretaris, pembantu, juga petani pemilik-pemilik hewan. Saya belajar karakter dari sini.

Apalagi? pokoknya suka dengan buku ini. Titik!Saking sukanya sampai susah nih mau nulis apa.

Ohya ini contekan sinopsis di sampul belakangnya ya :)

Ketika James Herriot yang baru lulus sebagai dokter hewan tiba di desa kecil Darrowby, Yorkshire, dia tak punya bayangan sedikit pun tentang kehidupan yang akan dijalaninya, teman-teman baru yang akan dijumpainya, atau berbagai petualangan yang telah menunggunya.

Buku ini menceritakan tahun pertama James Herriot sebagai dokter hewan di desa Darrowby yang indah, kehidupan sehari-harinya bersama Siegfried Farnon yang eksentrik dan Tristan Farnon yang selalu sial, dan para peternak serta binatang-binatang mereka yang mengandalkan bantuannya.

Dengan gaya berceritanya yang khas, yang membuatnya dicintai di seluruh dunia, James Herriot menuturkan cerita yang penuh tawa dan suka cita, tentang manusia dan binatang, serta alam pedesaan yang indah.


4 komentar:

  1. Ini novel terjemahan ya?
    Pengin baca novel ini karena bisa mencintai alam pedesaan dan hewan peliharaan sepertinya ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, ini novel berdasarkan kisah nyata penulisnya. Novel ini bener-bener menggambarkan pekerjaan dokter hewan yang bikin deg-degan :)

      Hapus
  2. Q bacanya dah lama banget.. Via ebook gratisan... Recommended banget but yg mau ilangin stress.. Sumpah ceritanya hidup banget.. Lucuuuu... Dari Bab pertama udah seruu, deg deg an.. Jadi pingin baca lagi n lagi... Kalo Ada novel sejenis, may dong do share...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa nurut saya juga bagus bangeet...:)

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...