Minggu, 06 Juli 2014

Happy Ramadhan




Hal-hal yang menyenangkan di bulan Ramadhan itu, menyelesaikan pekerjaan rumah pagi-pagi. Beresin dapur pagi-pagi. Nyapu, ngepel, mencuci pagi-pagi. Kalau nggak pagi-pagi bisa numpuk deh, tahu-tahu sudah sore.

Karena siangan dikit waktunya anak-anak bermain. Apalagi kalau lagi liburan harus mikir bikin kegiatan apa biar anak nggak bosen dan nggak bertengkar.

Misalnya beberapa hari ini saya ajak Zaid dan Urfa jalan keliling, sambil belanja kalau ketemu penjual sayur. Boleh milih mau menu apa buat berbuka.
Setelah itu, sampai di rumah main air. Ada sisa-sisa pewarna kue. Mengajak mereka mencampur warna sesukanya. Mengajak  pura-pura jadi penjual dan pembeli. Selebihnya permainan berkembang sendiri. Saya tinggal nungguin sambil baca-baca.

Urfa meneruskan campur-campur warnanya dengan memasak. Sementara Zaid mencampur warna dan pura-pura membuat formula. Ini mereka  terinspirasi dari Masha dan The Backyardigans. Tentang formula bau, formula pertumbuhan dan lain-lain.
Ternyata mereka betah banget berjam-jam memainkan peran mereka.  Main di luar rumah biasanya mendapat suasana yang berbeda pasca bermain daripada hanya nonton tv atau main game.

Agak sorean, mengajak mereka ke dapur dan bersama-sama nyiapin menu buat buka. Ini juga jadi kegiatan seru. Ya memang kerjaan jadi lama, kadang jadi tercecer-cecer juga. Tapi memberi kepercayaan pada mereka untuk mengiris, mengaduk, mencetak, bisa berdampak positif. Mereka ceria, dan nggak terasa waktu berjalan dan mendekati berbuka. Meski –tetep—namanya anak-anak sesekali ya rebutan.

Beberapa kegiatan lain selama Ramadhan, kayaknya nanti bakal mencontek dari bukunya Gita Dkk ini. Ada beberapa menu dan kegiatan yang bisa dicoba bareng anak-anak :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...