Selasa, 23 Juni 2015

Tips Usir Kantuk Saat Mengaji



Ada yang bilang, salah satu bawaan (atau godaan ya?) puasa adalah ngantuk. Seringkali rasa kantuk itu datang saat membaca Al-Quran. Padahal Ramadhan sendiri adalah bulan Al-Quran. Sayang sekali kalau bulan suci berlalu target kita jalan di tempat, hanya karena kantuk.

Barangkali tips berikut bisa dipraktekkan:
1.Mengajilah segera. Artinya jangan tunda-tunda. Jauhi dulu gadget. Seringkali benda itu membuat waktu berlalu tak terasa. Sehingga ketika tiba waktunya membaca Al-Quran mata kita sudah tidak fress lagi.
2.Baca Al-Quran dengan pencahayaan yang cukup. Jangan terlalu redup. Cahaya bisa mencegah mata kita cepat lelah, sementara suasana remang-remang membuat mata kita bekerja ekstra.
3.Baca terjemahan dengan bersuara. Membaca terjemahan setiap satu atau dua halaman, dengan bersuara bisa mengusir ngantuk. Cari intonasi suara yang paling kita suka.
4.Bergerak. Coba ubah posisi duduk. Bisa juga dengan berjalan keliling ruangan sebentar. Menggerakkan tubuh juga bisa mengusir rasa kantuk.
5.Berwudhu lagi. Basuhan air ke wajah kita lumayan manjur untuk mengusir kantuk.
6.Tidur yang cukup. Nah, jangan sampai bulan Ramadhan kita begadang yang tidak penting. Istirahat cukup membuat stamina terjaga dan mendukung ibadah kita.




5 komentar:

  1. tidur dulu nanti kalo udah ngantuk terusin lagi hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Kania, obat ngantuk paling manjur tuh tidur :D

      Hapus
  2. Terimakasih tips ya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Mbak Vanda. :) makasih sudah mampir

      Hapus
  3. 1 lagi wudhu atau cuci muka biar seger

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...