Senin, 26 November 2018

Terima Kasih Allah (Novel Hairi Yanti)


Novel ini sudah saya terima beberapa waktu yang lalu. Dikirim langsung dari penulisnya. Urfa yang pesan (minta dipesankan) karena sebelumnya dia memang sudah membaca novel pertama Hairi Yanti dan juga cerpen-cerpen Hairi di Bobo.

Hairi menulis novel ini dalam waktu singkat. Tepatnya ketika sedang libur turnamen (kami berada satu grup pecinta bulutangkis yang anggotanya hanya lima orang). Jika ada turnamen kami pun akan sibuk mengikuti jalannya pertandingan.

Hairi bilang, dia suka banget dengan novel yang ditulisnya ini. Saya percaya. Menulis hal-hal yang kita suka memang juga berpengaruh pada kecepatan proses.
Jalinan cerita seolah ada di kepala dan begitu saja tertuang lewat jari-jari.

Jadi, saya penasaran dong seperti apa novel Hairi. Saya tidak membaca draftnya. Memang grup kami tidak membahas tulisan. (Kami membahas bulutangkis dan masakan).

Terima Kasih Allah, berkisah tentang liburan Zira. Anak kelas lima yang sangat suka membaca.

Salah satu impian Zira adalah punya rumah yang pintunya tertutup, agar jika temannya datang, mereka mengetuk pintu. Selama ini rumah Zira selalu terbuka sepanjang hari.

Sampai bagian ini saya diliputi haru. Bagi sebagian orang mungkin ini keinginan yang sederhana atau aneh. Tetapi bagi saya ini impian yang manis.

Hairi memasukkan bagian impian itu bukan hanya untuk hiasan kisah semata. Ke depan di bab-bab berikutnya impian kecil itu juga berperan penting.

Cerita anak adalah cerita yang luas. Banyak hal bisa dikisahkan. Bahkan kehidupan orang dewasa pun bisa disajikan. Tentu saja disajikan lewat kacamata anak-anak dengan segala aspek yang mempengaruhi mereka.
Itulah yang dilakukan Hairi.

Novel ini dibuka dengan persiapan Zira dalam menyambut liburan. Dia meminjam banyak buku dari perpustakaan. Bahkan petugas perpustakaan juga meminjami Zira buku.

Zira membayangkan liburan yang sempurna. Dia bahagia dengan buku-buku meskipun tidak pergi ke mana-mana.
Namun, sebuah suara mengejutkan, mula-mula buku Zira terlepas hingga kemudian membuat banyak hal berubah.

Urfa membaca bagian ini sebagai bagian yang menegangkan. Yang karena penasaran dengan lanjutannya dia bahkan membawa novel ini ke sekolah.

Jika menurut Huck cerita anak merinci dua nilai yakni personal (kesenangan, narasi, memberi pengalaman) dan pendidikan termasuk hikmah (yang diselipkan Hairi dengan baik) maka Terima Kasih Allah telah memuat nilai nilai itu.

Saya sedang menulis romance saat ini. Tetapi membaca novel Hairi saya seolah bisa menyatu dengan cerita dan merasakan posisi Zira. Hingga...ya, menitikkan air mata.

Jika Hairi menyukai kisah ini saat menuliskannya, saya dan Urfa menyukai kisah ini saat membacanya.

Barakallahu fiik, Hairi 😊

Judul: Terima Kasih Allah
Penulis: Hairi Yanti
Penyunting: Muridatun
Ilustrasi sampul: Redwita
Tebal: 112 halaman
Penerbit: Indiva Media Kreasi
Terbit: Oktober 2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...