Senin, 04 Maret 2013

Kuis Novel Always be in Your Heart


Alhamdulillah, novel Always be in Your Heart sudah terbit. Ini novel yang dulu jadi pemenang ketiga lomba menulis romance Qanita 2012. Dulu judul aslinya VIAJEN: Pulang ke Hatimu. 


Marsela
Aku selalu menantimu dari matahari di timur, matahari di barat,
hingga terbit lagi.
Aku telah melewati musim yang berganti berulang kali.
Tapi, kau tak pernah hadir di sini.
Kini setelah sepuluh tahun kulewati, aku tak yakin lagi,
bahkan pada hatiku sendiri.

Juanito
Siapakah kita, ketika pada akhirnya sejarah telah bicara.
Bahkan sungai bisa saja berubah muara,
sekuat apa pun aku bertahan, sepuluh tahun telah mengubah banyak hal.
Dan nyatanya, keadaan memang tak lagi sama
***
Ini kisah tentang Marsela, seorang gadis Ermera, dan Juanito Carrascalao  seorang pemuda bermata coklat kopi dengan rambut ikal halus. Lon, seekor anjing yang berkeyakinan bahwa kesetiaan adalah tak pernah meninggalkan. Serta Royo yang selalu menyimpan aroma sebagai kenangan.
Referendum 1999 tak memberi pilihan bagi Marsela, kecuali mengikuti ayahnya bersama gelombang eksodus. Baginya, meninggalkan Lorosae dan kebun kopi seperti mengiris sendiri hatinya dengan belati. Raga memang menjauh, namun jiwa tetap tinggal. Tapi, waktu terus berjalan, mengubah banyak hal.

***
            Nah, kuisnya, buat satu kalimat dari salah satu kata berikut ini. Pilih satu kata saja. (Kopi, Anjing, atau Lorosae)
Untuk menjawabnya ada tiga cara, boleh pilih salah satu:
  1. Langsung di kotak komentar blog di bawah kuis ini.
  2. Membuat status di fb dengan format: (Jawaban) Kuis novel Always be in Your Heart by Shabrina Ws, jangan lupa mention fb Shabrina Ws.
  3. Di twitter, formatnya: (Jawaban) Kuis novel Always be in Your Heart @Shabrinaws_
Gampang kan? Untuk tiga jawaban terpilih, insya Allah masing-masing akan dapat satu novel Always be in Your Heart. Ditunggu ya, sampai tanggal 14 Maret 2013 jam 12 malam. Terima kasih. :)

59 komentar:

  1. Banyak orang berpikir; memberikan kebaikan kepada orang jahat itu tidak ada gunanya. Bahkan pemikiran tersebut telah menjadi sejarah yang dituliskan dalam peribahasa lama; Anjing diberi nasi bilakah kenyang?

    Dalam hal ini, kesalahannya bukan hanya pada peribahasa (anjing diberi nasi) saja, sebab anjing memang tak terlalu suka dengan nasi. Tetapi juga pemikiran orang-orang yang sudah mengakar. Bukankah sudah biasa jika orang jahat selalu tidak suka dengan kebaikan? Tetapi jangan sampai termakan pemikiran itu. Orang yang (mengaku) baik sudah sepantasnya harus selalu suka dengan kebaikan. Sebab, dengan kebaikan itulah yang akan membuktikan siapa yang baik, kurang baik, atau tidak baik.

    BalasHapus
  2. Kuis novel Always be in Your Heart by Shabrina Ws.
    "Khasiat kopi masih menyalang dalam otakku. Aromanya tetap membelit pikiranku. Ia Sewarna dengan kulitmu. Dan baumu bagitu kopi. Apalagi setelah kamu selesai mengadon tiramisu terlezat sedunia. Atau saat kau menuntaskan seharianmu menjadi barista. Kamu dan kopi itu satu jiwa. Dan aku mencandui kalian."

    BalasHapus
  3. Kuis novel Always be in Your Heart by Shabrina Ws.
    "Khasiat kopi masih menyalang dalam otakku. Aromanya tetap membelit pikiranku. Ia Sewarna dengan kulitmu. Dan baumu bagitu kopi. Apalagi setelah kamu selesai mengadon tiramisu terlezat sedunia. Atau saat kau menuntaskan seharianmu menjadi barista. Kamu dan kopi itu satu jiwa. Dan aku mencandui kalian."

    BalasHapus
  4. Kuis novel Always be in Your Heart by Shabrina Ws.

    Kau seperti kopi pagi bagiku, kau hangatkan tubuh dan jiwaku dengan pesona dan keteduhan yang Tuhan titipkan pada raga dan sukmamu.

    BalasHapus
  5. Kuis novel Always be in Your Heart by Shabrina Ws.

    Kopi tanpa gula itu pahit. Sama seperti cinta. Jika cinta adalah kopi, maka kamu adalah gulanya. Cinta tanpa kamu, sama seperti kopi pahit bagiku. Tolong, tinggallah di sini, di sisiku. Aku tak ingin minum kopi pahit sepanjang hidupku.

    BalasHapus
  6. Kuis novel Always be in Your Heart by Shabrina Ws.

    Timor lorosae, mengingatkan pada sebuah lagu tentang januari, tentang merekahnya jemari dan dekapan hangat nafas mentari.

    *satu kalimat kan ya, bukan satu paragraf* ^^

    BalasHapus
  7. Kuis novel Always Be In Your Heart by Shabrina WS.

    Dulu, aroma pekatnya kopi hitam selalu mewarnai harimu, Papa, dan kini, meski tak begitu menyukainya, harum hangatnya menjadi kawanku menapaki mimpi.

    BalasHapus
  8. O..iya satu kalimat aku nyetatus di fb beberapa kalimat, xixi terbawa baca komen yang panjang-panjang. Ganti ini ya :) Betapa tak enaknya menikmati kopi sendirian di pagi sunyi, eh enak juga sih, tapi masih lebih nikmat saat kita bisa ngopi bersama, hmm, begitulah atau memang semua hal menjadi lebih berarti saat kita bisa berbagi

    BalasHapus
  9. Engkau membuatku mencintai kopi yang kadang pahit kadang manis, seperti engkau membuatku mencintaimu yang kadang membuai kadang melukakan.

    BalasHapus
  10. Kuis novel Always Be In Your Heart by Shabrina WS.

    Anjing itu telah membangunkanku dari indahnya bermimpi pada malam hari.

    BalasHapus
  11. Lorosae, air mata ini jatuh satu per satu mengingatmu karena kau telah berpisah dari bumi pertiwi.

    BalasHapus
  12. mbak Sabrina, aku ikutan ya mbak heuheu berapa jawaban boleh ikutan mbak? kalau udah jawab di sini, apakah masih boleh tayang di twitt atau di FB mbak? *mupeng hadiahnya :-D

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. mbak, ikutan Giveaway ya :)

    Mita duduk dengan anggun khas dirinya di kursi. Di meja kayu persegi panjang itu, hanya tersaji sebuah piring berisi nasi dan krupuk, serta dua gelas, yang satu berisi air putih dan yang satunya lagi kopi. Dua gelas tersebut berwarna gelap. Tidak menampakkan jelas isi dari keduanya, karena penerangan di ruangan ini tidak cukup terang untuk membedakan isinya.

    Mita benci kopi. Dia tidak menyukai hal yang pahit. Pahit seperti hidupnya yang telah sebatang kara. Tetapi kopi itu dia buat sebagai pengingat bahwa dia masih bernafas untuk melanjutkan hidupnya. Hidup seperti kopi. Hidup pahit.

    BalasHapus
  15. heu.. Gagal komen.. Nulis lagi dueh**

    Ikutan kuis Always be in Your Heart

    Aku berusaha menyayangimu meski tak boleh memilikimu dimana ALLAH telah Meng-amanahkan penjagaan kepadamu dan kamu pun tahu dirimu hanyalah ujian bagi manusia maka doa yang bisa kupanjatkan agar dijauhkan dari najismu juga terhindar dari sifat burukmu, anjing diantaranya suka meleletkan lidah sebagai perumpamaan pelecehan terhadap ayat-ayat_NYA.

    BalasHapus
  16. Kita tiba-tiba ingat sebuah pepatah pagi ini, “biarkan anjing menggonggong dan kafilah berlalu” ketika setiap kita pulang pagi suara-suara negative mereka selalu mempertanyakan dari mana saja kita, dan mereka tidak pernah tahu, sampah-sampah yang mereka hasilkan itu, Siapa yang membersihkannya?

    BalasHapus
  17. Kuis novel Always Be In Your Heart by Shabrina WS

    Menghirup aromamu di Areia Branca,menggamit rasa asing yang tak kutahu namanya.
    Lambai nyiurmu, kerling senjamu, putih pasirmu, menarik mata dan seluruh indraku.

    Hari ketika desing peluru mengantar pergiku, lambai nyiurmu menyiratkan sepenggal pesan untukku ,"Jangan lupakan aku."

    "Lorosae, usah kau ragu itu. Sebab sepenggal hatiku telah tertinggal disitu," bisikku saat pesawat lepas landas dari tanahmu

    BalasHapus
  18. Kuis novel Always be in Your Heart by Shabrina Ws.

    Lorosae ... di sanalah kutitipkan hati, pada segurat senyum, pada sebentuk wajah yang telah mencanduku dengan cinta, dan mentari pagi akan membisikkan kata untuknya, "Aku pasti kembali!"

    BalasHapus
  19. Kuis novel Always be in Your Heart by Shabrina Ws.

    Kopi itu ibarat sahabat pena nya manusia karena selalu menemani di saat pagi hari dan menemani sambil membaca koran, di saat tugas kampus atau deadline memumpuk pasti banyak orang mencarinya "kopi" dan teman setia dikala begadang nonton bola :D..itulah dampak positif kopi.

    BalasHapus
  20. Kuis novel Always Be In Your Heart by Shabrina WS

    Seberapa jauh aku dan dia berpisah, hatiku selalu tertambat untuk mengingat setiap kenangan bersamanya, atau ketika aku menangis saat sumpah serapah dari majikanku terlontar, dia ada, dia setia menemani, mengulurkan tangannya agar aku tidak terus menangis. Ia tidak bisa berbicara layaknya manusia, tapi aku sanggup menatap matanya, ia tidak ingin aku meninggalkannya. Tapi aku harus pergi, kembali kenegaraku, maaf aku tidak bisa membawamu serta, bukan aku tidak mencintaimu, tapi lebih karena aku tidak tega jika membiarkanmu bersamaku, kau akan terlunta dan tersiksa. Biarkan doa-doaku yang akan melindungimu di sana, tetaplah menyetia tanpa jeda, bukankah kau binatang yang paling setia? anjing itu mengonggong, mengucap beberapa patah kata cintanya dengan mata membasah.

    BalasHapus
  21. Aku ikutan ya, kak :)


    Kamu bilang, kopi akan membuatku tenang saat hati kita tak lagi saling beradu, dan kamu benar, meski sejujurnya hati ini masih inginkan kamu.

    BalasHapus
  22. Kuis novel Always be in Your Heart by Shabrina Ws.

    Harum kopi membuat rasa kantuk menghilang dalam kegelapan. Kopi hitam sangat cocok diminum saat patah hati. Kalau mau hari menyenangkan, minumlah kopi dengan campuran rasa, bisa dipilih, ada kopi susu, kopi mocca dll. Hidup itu penuh warna dan ceria, seperti kopi yang memiliki banyak rasa.

    BalasHapus
  23. Kuis novel Always be in Your Heart by Shabrina Ws.

    Sungguh mulut mereka terlalu lemas untuk bisa menekuk habis lututku, aku tidak akan menyerah dan tidak perlu pula menanggapi kesinisan mereka, mereka tidak buta untuk bisa melihat betapa bahagianya aku sekarang, ini cinta yang berlimpah, ini sahabatku yang luar biasa, ini prestasiku yang gemerlap, ini aku yang bisa segalanya, dan ini KOPIKU, milikku yang akan tetap milikku, jadi baiknya aku balik berterimakasih atas bantuan mereka yang meringankan beban dosaku dan ucapan sepat mereka yang kubalik habis jadi do'a yang pasti akan didengar Tuhan.

    BalasHapus
  24. Kuis novel Always be in Your Heart by Shabrina Ws

    Aku rindu, tapi kau tak mau tau bahwa rasanya endapan rindu ini pun telah kerontang layaknya sisa bubuk kopi di cangkir yang telah mengering karena airnya kau teguk sampai tandas.

    twitter : @emirahwa

    BalasHapus
  25. Kuis novel Always Be In Your Heart by Shabrina WS

    Kehadiranmu seperti secangkir kopi hangat bagiku. Saat kuminum, rasa hangat itu mengalir di tenggorokanku. Akupun tidak ingin buru-buru menghabiskan secangkir kopi itu dihadapanku. Karena takut aroma kehadiranmu hilang dari sisiku. Secara fisik bodymu berwarna hitam, tetapi aromamu selalu memberi warna baru bagiku. Dan kini aroma itu tak hanya satu. Membuatku ingin selalu bertemu sepanjang waktu.

    BalasHapus
  26. Kuis novel Always be in Your Heart by Shabrina Ws

    Ku sruput kopi yang mulai terasa dingin, seperti dinginnya hariku menatap hatimu yang mulai merangkak pergi.

    BalasHapus
  27. Ingin aku membacamu, agar bisa melayangkan impian kepadamu, Bumi Lorosae.

    BalasHapus
  28. Lorosae, sejak bumi yang kupijak tak lagi sama, akan tetap kuikat kenangan tentangmu sekalipun jarak menjauhkanmu dariku.

    BalasHapus
  29. aku ikuatan ya :)

    Nana gadis tomboy si jago silat itu tak berkutik ketika langkahnya terhenti oleh seekor anjing di sebuah jalanan sepi.

    Keringat dingin mulai bercucuran dari tubuh gadis itu, membasahi seragam sekolahnya. Tak ada jalan lain, hanya ini satu-satunya jalan untuk menuju ke sekolahnya. Phobianya pada anjing membuatnya tak bisa berbuat apa-apa.

    BalasHapus
  30. Seperti halnya kopi yang enak dinikmati selagi hangat begitulah kini cinta yang sedang aku nikmati bersama seorang yang tercinta....

    BalasHapus
  31. Ada dua hal yang paling kubenci saat ini; kopi dan kamu.

    BalasHapus
  32. dulu, ku kira kau begitu angkuh dan menyebalkan. tapi kini kau begitu hangat menyenangkan. kau benar-benar seperti kopi, sebelum dan sesudah aku meminumnya.

    BalasHapus
  33. Mengaromakan rindu pada seduhan kopi yang radu untuk menghilangkan kosong pada ruang di antara aku dan kamu.

    BalasHapus
  34. Kuis novel Always Be In Your Heart by Shabrina WS

    Aroma kopi pekat menguar, begitu pula dengan rinduku untukmu.

    BalasHapus
  35. Ketika ingin menjawab kuis dan harus memilih satu dari tiga kata yang harus dibuat kalimat, maka saya langsung tertuju pada satu kata; Anjing. Ini terkait dengan sebuah peristiwa yang pernah dialami oleh suami saya.
    Inilah kalimat saya berkaitan dengan kata 'Anjing'
    ***

    Siang, panas dan terik, serasa membakar semua makhluk di sepenjuru dunia. Matahari sedang berada di tengah-tengah.
    Meski siang serasa membakar kulit, namun tak mengurangi semangat lelaki itu untuk mencari rejeki. Dialah seorang ayah dari seorang putra tampan dan seorang suami dari istri yang solehah. Motornya membawa tubuh ringkihnya menembus terik, melewati sebuah jalan sepi. Dari jauh, terlihat olehnya sebuah titik kehitaman di tengah jalan. Dipikr lelaki itu, mungkin itu hanya tumpukan batu yang diletakkan oleh orang asing. Sepeda motornya semakin mendekat ke titik tersebut yang sekarang menjadi nyata; ternyata dugaannya salah. itu bukan batu, tapi tiga ekor anak anjing yang masih merah. Seketika lelaki itu menhentikan sepeda motornya, memarkirkan sepda motornya ke tepi dan kembali berjalan ke tengan-tengah jalanan yang belum beraspal tersebut. Dia menunduk menatap tiga bayi anjing yang masih tersebut. Bayi-bayi anjing itu mengaing-ngaing. Mereka tentu kepanasan. Seketika terbit rasa iba dalam hatinya? Siapa sih manusia yang tega berbuat begini? Memisahkan bayi merah dengan ibunya lalu meletakkan mereka dalam terik panas di tengah-tengah jalan berdebu? Begitu banyak tanya dalam hati lelaki itu. Dan tanpa menunggu lebih lama lagi, lelaki itu mengangkat satu persatu bayi anjing dan meletakkan dalam gumpalan kedua tangannya. Dia menyeberag dan mencari sebuah pohon rindang. Di situlah lelaki itu meletakkan bayi-baying anjing tadi. Dia ingat air minum yang selalu dibawa dari rumah dalam sebuah wadah botol minuman plastik. Lelaki itu mengambil air yang tergantung di stang motornya dan memberi bayi anjing tersebut satu persatu. Para bayi anjing langsung dan tertidur. Sang lelaki pun melangkah ke motornya dan kembali melanjutkan perjalanannya ke tempat dia mencari rejeki untuk keluarga kecilnya.

    BalasHapus
  36. Eh, satu kalimat ya? wadddduhh..punya saya jadinya satu paragraf :D

    BalasHapus
  37. Mengkonsumsi KOPI terlalu banyak itu tidak baik bagi kesehatan, apalagi dalam jangka waktu yang panjang.

    BalasHapus
  38. saat dimanapun kuhirup aroma kopi, kenangan ini selalu duduk manis disampingku, tentang kamu.

    BalasHapus
  39. Kuis novel Always be in Your Heart

    Lorosae, dimana aku menitipkan hatiku disana, menancapkan harapan dan impian untuk bisa saling menatap kelak dengan kedua kelopak mata yang telah basah oleh linangan air mata, oleh hati yang dihujani oleh badai kerinduan, Impian yang bertahan ditengah keraguan dan tentang cinta yang memberikan keyakinan untuk tetap bernafas menanti saat engkau akhirnya datang dan berdiri tegak dihadapanku, di depan mentari senja.

    twitter : iin2beliebers

    BalasHapus
  40. Aku yakin kamu tahu―aroma kopi hitam dalam tubuhmu―menguraikan kehangatan yang kubutuhkan saat ini.

    BalasHapus
  41. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  42. Kuis novel Always be in Your Heart by Shabrina Ws

    Apakah Tuhan yang salah karena menciptakanku seperti ini sehingga mereka dapat memperlakukanku kejam atau semua ini adalah salahku karena terlahir sebagai anjing?

    @esvandiarisant

    BalasHapus
  43. Kau dan aku seperti kafein dalam kopi, bertemu di dalam gelas, satu untuk selamanya :)

    BalasHapus
  44. anjing mungkin hanyalah hewan, tapi bagi sebagian orang, anjing adalah teman yang setia ketika semua manusia meninggalkan diri kita dalam kesesakkan dan kehampaan serta keputusasaan.

    BalasHapus
  45. Tahukah kamu kalau kopi itu bener-bener pahit rasanya jika tidak di campur dengan gula. Nggak tahu kenapa rasa pahit itu hilang ketika minum bersamamu.

    BalasHapus
  46. Lorosae nun jauh di sana, telah meninggalkan banyak kenangan di hati kita, tak akan terhapus oleh seindah apa pun itu negeri baru yang akan kita jejak, karena hatiku telah kau renggut, kau tawan di jantungmu yang tak tertembus.

    BalasHapus
  47. Kopi dingin itu enak, kataku, meskipun tak demikian bagi sebagian orang. Sama halnya dengan dengan problema kehidupan yang baru terasa nikmatnya setelah semuanya mengendap... dan dingin.

    BalasHapus
  48. Cinta bagaikan secangkir kopi, jika kau ingin menikmatinya selagi hangat, kopimu akan cepat habis, namun jika kau ingin lama menikmatinya, resikonya, kopimu akan menjadi dingin.

    = ]

    BalasHapus
  49. Kopi pertama pagi ini, aroma yang sempurna.. Meski dengan sedikit rasa pahit yang meruap, tetap kopi yang tanpa cela.. Karena kopi paling sempurna sekalipun tak akan pernah bisa menyembunyikan rasa pahitnya..

    Tak ada yang sempurna, tetapi yang sederhana pun indah adanya.

    BalasHapus
  50. Bagiku, kopi yang kuteguk ini bagai lagu yang selalu mengingatkanku akan sosok, kenangan manis maupun pahit tentang dirinya di dalam ingatanku seperti fatamorgana belaka.

    fb : krisma minchul elfsuju
    twitter : @krisma_aryani

    BalasHapus
  51. aroma kopi menghangatkan dan membangkitkan suatu kenangan.

    BalasHapus
  52. Lorosae, tempat kenangan mengajak pulang. Pada Cemetery of Santa Cruz yang menyimpan tangis pilumu, pada terjangan ombak ditiap dinding pantai yang menguarkan teriak kelukaanmu, pada kota Dili dimana semua tentang kita berawal dan menjadi akhir. Tentangmu...yah Lorosae hanya tentangmu...

    BalasHapus
  53. Kuis novel Always be in Your Heart by Shabrina Ws

    Ikutannya ya :)
    setiap pagi adalah awal yang selalu kunantikan ketika aroma kopi kesukaanmu yang selalu membangunkan tidurku dikala matahari telah datang menjemputku.

    BalasHapus
  54. Kuis novel Always be in Your Heart by Shabrina Ws

    Kata orang anjing lebih setia dari manusia.
    Tidak. Padamu, aku akan lebih setia dari anjing.

    BalasHapus
  55. Kuis novel Always be in Your Heart by Shabrina Ws

    Masih ingat dengan minimarket di samping pom bensin yang kita rusak namanya menjadi warung kopi? tempat kita menantikan rona jingga saat senja, tempat kita bercerita tentang kumulatif mimpi, dan tempat kita diam-diam menyeruput sepasang cangkir kopi. Masih ingat kah? tidak usah bertanya padaku, kopi dan kamu adalah fragmen utuh yang membuatku selalu berkunjung ke sana, ke warung kopi favorit kita.

    BalasHapus
  56. Anjing kadang menggonggong untuk menunjukkan ketertarikannya, seperti itulah hatiku saat pertama kali bertemu denganmu--menggonggong berbagai pujian tentang betapa sempurnanya dirimu, juga cacian betapa bodohnya aku bisa terjerat dalam pesona buaya darat sepertimu.

    @meliarawr

    BalasHapus
  57. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  58. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

  59. Terima kasih untuk semuanyaa ya. Tunggu pengumumannya...:)

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...