Rabu, 05 Februari 2014

Alfa & Bety dan Seri Akhlak Anak Muslim



Lewat facebook saya bertemu dengan banyak teman. Berawal dari saling komentar biasa, jempol, hingga akhirnya ngobrol ringan, dari masalah menu masakan sampai cerita tentang anak-anak dan tentu saja tulisan.
Mbak Lia Herliana dan Mbak Nurul Ikoma adalah dua di antara teman-teman itu. Saya tidak ingat pasti kapan tepatnya kami bertemu. Di awal tahun 2010, ketika banyak audisi menulis antologi di facebook, kami sama-sama berjuang untuk menjadi salah satu dari mereka yang lolos. 

Kadang kami saling berbagi info, saling tag, atau bahkan saling membaca naskah.
Salah satu impian saya, adalah melihat nama-nama kami berada di punggung-punggung buku. Melihat buku-buku kami di rak-rak toko buku dan berharap banyak yang membacanya.

Bukan hal mudah tentu saja. Kami harus melewati obrolan-obrolan yang berisi penolakan demi penolakan.  Karena proses menulis dan menerbitkan buku tidak seperti merebus mie instan yang lima menit siap dihidangkan. Tapi seperti menanam. Mulai dari menyiapkan lahan, memilih benih, menyemai dan terus mengawal hingga berbuah. Bahkan setelah berbuah pun masih ada proses untuk siap dipasarkan.

Setelah beberapa musim berganti, saya melihat buku-buku Mbak Lia dan Mbak Nurul terpampang di toko buku, bukan hanya satu, tapi banyak! Saya ikut bahagia. Ikut terharu. Apalagi ketika bisa memegangnya. Masya Allah, Mbak Nurul dan Mbak Lia, sedang menuai tanaman mereka.

Mbak Lia Heliana menerbitkan seri akhlak anak muslim: diantaranya Senyum Manis Fathia dan Duri di Tengah Jalan. Buku dengan cerita yang mudah dipahami anak-anak. Ilustrasi manis khas Mbak Nonoy. Juga jenis tulisan yang mudah dibaca.

Seri anak muslim disertai hadits pendek di setiap halaman pembuka, sesuai dengan tema cerita. Lalu halaman terakhir dikasih kesimpulan yang tidak mengguri tapi ngena banget, yang diawali dengan kalimat: “Tahukah Kamu?” Zaid suka banget ceritanya, karena di sekolah itu termasuk hadits yang harus dihafal.

Sedangkan Mbak Nurul Ikoma, menerbitkan novel anak serta buku cerita dan aktifitas untuk balita.
Diantaranya Petualangan Bersama ALFA & Bety. Buku ini berisi empat seri. Mengenal Bentuk, Mengenal Warna, Mengenal Huruf dan Mengenal Angka. Urfa 3 tahun, suka bangeeet buku seri ini. Selain gambarnya yang full warna dan lucu-lucu khas Mbak Tjang Tina, cerita yang ditulis Mbak Nurul juga asyik untuk diikuti, sehingga anak tidak sadar kalau sebenarnya dia sedang menjalani proses belajar. 

Kalau saya bilang ini buku-buku yang bagus untuk anak-anak,  bukan karena Mbak Nurul dan Mbak Lia adalah sahabat saya, tapi memang karya-karya merekalah yang bicara demikian.

Selamat Mbak Lia dan Mbak Nurul, semoga buku-buku Mbak disukai anak-anak Indonesia dan membawa banyak kebaikan.aamiin



4 komentar:

  1. Makasih mbak atas pertemanan dan motivasinya. :)

    BalasHapus
  2. jadi semangat menulis nih membaca pengalaman mba Sabrina yg sekarang bukunya jg sering mejeng di rak toko buku..

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...