Selasa, 24 Juni 2014

El Tri, Sambrero, Maracas dan Taco!



Senang sekali melihat Meksiko melawan Brasil kemarin. Penonton pasti tidak akan melupakan Ochoa yang bekerja dengan baik menjaga gawangnya. Saya bahkan tepuk tangan dan bersorak ketika peluit panjang mengakhiri pertandingan dan tak ada satu gol pun yang tercipta. Hingga akhirnya, kemenangan melawan Kamerun mengantarkan El Tri ke babak 16 besar.
  


Daaaan, waktunya nyari info tentang negara tim.
Meksiko adalah negara di wilayah Amerika Utara. Salah satu negeri penghasil minyak bumi terbesar ini beribu kota di Ciudad de Mexico
Lagu kebangsaannya Himno Nacional Mexicano  dan bahasa resmi yang digunakan adalah Bahasa Spanyol

Makanan khas di sana salah satunya adalah Taco, terbuat irisan daging yang diolah bersama sayuran yang disajikan dalam lipatan tortilla jagung. Tadi sempet lihat-lihat penampakannya, kayakanya sih enak ya.

Kalau alat musiknya yang khas adalah maracas, pertama dengar nama ini di vcd tentang musik untuk balita. Jenis  musik Meksiko sedikit banyak dipengaruhi oleh sejarah, sehingga lahir jenis musik baru, seperti Corrido yang banyak bercerita tentang para petani dan buruh, atau Ranchera yang menyajikan tema cinta dan alam. 

Nah, pas mencari info tentang musik, baru ingat kalau di film The Backyardigans ada band Mariachi, yang personilnya pakai topi. Ternyata itu bukan khayalan saja, karena mariachi adalah band tradisional Meksiko.

Selain sepak bola, Meksiko juga punya olah raga populer lainnya yaitu adu banteng. Arena adu banteng yang terkenal di negeri itu, yaitu La Monumental.

Apa lagi ya? 
Oh iya, Sambrero adalah topi khas di sana. Mirip ti’i langga dari NTT.

Sambrero, Maracas, Taco, nah. Ini ada yang lebih menakjubkan. Di Meksiko ada air terjun membatu. Masya Allah, indah banget. Tadi gambar dan infonya nemu di Travel.Detik


Tidak lengkap dong kalau tidak mencari info tentang penulis.
Meksiko punya Carlos Fuentes, seorang penulis terkenal dengan karya besarnya di antaranya  The Death of Artemio Cruz dan The Old Gringo. Ia salah satu penulis besar yang mengenalkan sastra amerika Latin hingga mendunia.

Apakah di Meksiko ada masjid. Nah, nemu nih dari Republika. Ini adalah masjid Dar Al Islam. Muslim di sana menentukan awal Ramadhan dan Idul Fitri dari negara-negara islam.

  Di babak 16 nanti Meksiko akan bertemu dengan Belanda, tentu akan menjadi pertandingan yang sangat seru. :)
 
*Sumber data
Republika online
BBC
Wikipedia
Detik Trafel

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...