Jumat, 20 Juni 2014

Setelah nonton Uruguay

Sudah seminggu ya, Piala Dunia berlangsung, baru kepikiran buat nulis di blog. Biasanya nulis status di facebook aja. Setelah kemarin lihat Spanyol tanding selama 90 menit full, tadi Uruguay vs Inggris cuma lihat di awal dan akhir saja. Lihat pas persiapan di ruang ganti, terus saat kedua lagu kebangsaan dinyanyikan dan sepuluh menit pertandingan. Setelah itu lihat lagi Pas Rooney menyamakan kedudukan 1-1.

Melihat Uruguay itu yang mencolok ya Suarez, bukan karena tadi mencetak 2 gol, tapi karena langsung ingat insiden saat ia menggigit Ivanovic, di laga Liverpool vs Chelsea. Tapi dia sudah minta maaf ya.

Setelah Uruguay vs Inggris, yang berakhir 2-1 untuk kemenangan Le Celeste (biru langit) julukan untuk tim Uruguay, jadi pengen deh nyari info tentang negara itu.

1. Nama Uruguay  artinya 'sungai burung-burung yang dilukis' (tadi baca dari Wikipedia dan sejarah negara). 
2. Ibu kotanya di Montevideo. 
3. Bahasa resminya adalah Bahasa Spanyol. 
4. Lagu kebangsaan negara ini Orientales la Patria o Tumba, penciptanya Francisco Acuña de Figueroa. Tadi sempet dengerin juga. Liriknya pengen nyari kapan-kapan.

Info dari Viva.forum,  di Uruguay salah satu tempat wisata  terkenal adalah pantai La Escollera, tempat untuk memancing sekaligus menikmati matahari terbenam. 

Ohya, Uruguay punya makanan khas dulce de leche (berupa karamel susu) yang biasa dioleskan pada roti. Baca di Kompas.com makanan ini disebut-sebut sebagai biang kekalahan tim Uruguay ketika menghadapi Kosta Rica, karena bekal mereka yang sebanyak 40 kg itu disita pihak Brazil saat tiba di bandara.

Tapi kayaknya kekalahan yang kemarin tidak tentang makanan ya, buktinya tadi menang tuh lawan Inggris. Atau mungkin mereka sudah dikirimi lagi dulce de leche? hehehe

Apalagi ya tentang Uruguay? 
nah, nemu lagi nih dari Jawaban kalau Jose Mujica, presiden Uruguay yang menjabat sejak 2010 itu menyumbangkan 90% dari gajinya ke badan amal. Uruguay berkembang bagus di bawah kepemimpinannya dan menjadi negara paling rendah tingkat korupsinya di wilayah Amerika Selatan. 
Apa komentar Jose ketika kelak masa jabatannya berakhir? "Saya akan merasa lebih damai tinggal di rumah bersama istri dan anjing saya, Manuela." 

*Sumber data
Wikipedia, Viva.bola, Kompas.com, Jawaban.com 


10 komentar:

  1. Mbak, kalimat terakhir yang agak kurang pas.. bawa-bawa "asu" hehheheheh.... kirain sama istri dan anak-anaknya... ternyata anaknya sudah berubah menjadi "asu".... salam hangat dan selamat mengikuti piala dunia !!! owh iya, jagoan mbak yang mana?? jgn bilang Evan Dimas dkk (U19 Indonesia)....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haiyyaaa...ini siapa yaa? :D
      Mungkin anak-anaknya sudah sama keluarga mereka sendiri.
      ehehe yang saya tunggu menang blom ada yang menang nih :D
      Makasih sudah mampir.

      Hapus
  2. wiiii,,, aku aja belum bisa nonton full :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya baru kemarin pas Spanyol itu. Yang lain sambil-sambil aja :)

      Hapus
  3. ckckck...vi langsung tersepona pas ngeliat ada kata "dulce de leceh" hihi...ga ngeh ama tim dan pemain-pemainnya...sukaaa bolaaa dah kalu komentatornya mba Brinaaaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tadi Hairi bagi resep cara bikinnya lho...yuk prakttek :)

      Hapus
  4. Kalo ada capres kita yang mau mengikuti jejak Presiden Uruguay, saya coblos deh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya banget, :)
      Makasih udah mampir ya :)

      Hapus
  5. "Saya akan merasa lebih damai tinggal di rumah bersama suami, anak-anak, dan kucing saya, hehehe."

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Pop, kita sama keknya, kucing :)

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...